Senin, 19 Mei 2014

Cara Membuat Kambing Supaya Doyan Makan Pakan Fermentasi

Banyak pertanyaan yang masuk melalui inbox mengenai bagaimana cara membiasakan kambing supaya doyan makan pakan fermentasi baik itu bahan dasarnya jerami atau bahan yang lainnya. Berdasarkan beberapa sumber saya akan mencoba menguraikan beberapa trik dan cara untuk membiasakan kambing supaya mau melahap pakan fermentasi yang kita siapkan, cara dan trik tersebut antara lain :


  1. Rumus pertama, yang menjadi tuan adalah pemilik kambingnya, bukan kambingnya, jadi apapun pakan yang diberikan sang pemilik kambing maka kambing mau ngak mau harus makan. Rumus pertama ini walaupun mudah dipahami namun di kalangan peternak kambing tradisional sangat sulit untuk menerapkannya, mereka membiasakan memberikan pakan "mewah" untuk kambingnya, seperti hijauan, komboran dedak dll. Karena konsepanya bagaimana membuat para peternak kambing semakin efektif dan tidak repot dalam memberikan pakan untuk kambingnya maka mau tidak mau semua peternak kambing harus memegang teguh rumus pertama, Sang tuan adalah pemilik kambingnya, jadi si kambing harus mau dengan pakan ataupun minuman apapun yang di berikan. Rumus pertama ini adalah kunci sukses dari variasinya pemberian pakan maupun komboran untuk ternak kambing modern.
  2. " Cinta Karena Terbiasa " istilah ini pun bisa diterapkan dalam membiasakan kambing untuk memakan pakan jenis lain daripada pakan biasanya. Pemilik kambing juga harus tega dalam melatih kambingnya untuk makan pakan varian baru. Saya yakin hampir semua orang baik tua maupun muda pernah lihat atraksi hewan, mulai dari sirkus gajah, macan, sampai dengan hal yang paling simple yaitu burung menirukan siulan pemiliknya dan lihat atraksi topeng monyet di jalanan. Semua itu bisa ditampilkan karena kebiasaan melatih satwa, semangat pantang menyerah, tutup kuping kanan kiri dari kritikan peternak kambing yang lain juga sangat dibutuhkan, karena kritikan-kritikan tadi seolah-olah menjadi pintu penutup untuk sesuatu hal yang bersidat innovasi.
  3. 2 hal diatas menjadi dasar kunci sukses kambing doyan makan pakan fermentasi, langkah berikutnya sangat bervariatif, namun dasarnya sama, yaitu memuasakan dl kambing yang akan diberi makan fermentasi, bisa puasa 3 jam, 5 jam,8 jam, silahkan saja, nanti bisa dilakukan eksperiment sendiri, nah selama dipuasakan silahkan tutup telinga dahulu karena kambing akan mengembik tidak henti henti. Setelah waktu yang Anda tetapkan terlampaui, silahkan berikan pakan farmentasi tadi sedikit demi sedikit, awalnya kambing tidak akan menyentuh dan hanya mengendus endus saja, namun karena dorongan perut yang lapar, makan sedikit-sedikit kambing akan mau mencoba makan.
  4. Setelah puasa terlewati, silahkan lanjutkan dengan pola pemberian makanan bergantian , bisa juga dengan berdampingan, ataupun malah dicampur, misalnya fermentasi jerami dicampur dengan rumput, komposisinya 50:50
  5. Jangan lupa berikan air minum yang rutin disebelah pakan fermentasi yang diberikan
  6. Frekuensi pemberian pakan fermentasi baiknya semakin di intenskan, hal ini sangat berguna untuk mengantisipasi situasi yang mendadak, misalnya erupsi gunung, acara keluarga yang harus pergi seharian, banjir dll.
 Demikian sedikit info tentang Cara Membuat Kambing Supaya Doyan Makan Pakan Fermentasi, semoga bermanfaat.

Sumber : http://suksesternakkambing.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar